Monitoring Indikator Mutu Rumah Sakit

NO KODE JENIS INDIKATOR JUDUL INDIKATOR TARGET
Indikator Mutu Area Klinis  
1 IAK 1 Asesmen pasien Tingkat kelengkapan pengisian asesmen awal medis pasien rawat inap 100%
2 IAK 2 Pelayanan laboratorium Persentase Ketepatan Waktu Tunggu Pemeriksaan Hematologi dan Kimia Rutin 100%
3 IAK 3 Pelayanan radiologi dan imaging Waktu Tunggu Hasil Pelayanan Thorax Foto ≤ 3 Jam 100%
4 IAK 4 Prosedur bedah Waktu Tunggu Operasi Elektif < 2 hari 100%
5 IAK 5 Pelayanan anestesi dan sedasi Tingkat kelengkapan pengisian asesmen pra anestesi 100%
6 IAK 6 Penggunaan Antibiotika dan Obat Lain Penulisan resep sesuai formularium 100%
7 IAK 7 Kesalahan medikasi dan kejadian nyaris cedera Angka kejadian kesalahan medikasi (medication error) di pelayanan Farmasi 1 KTD, 30 KNC
8 IAK 8 Penggunaan darah dan produk darah Kejadian Reaksi Tranfusi Darah 0.01%
9 IAK 9 Ketersediaan, isi dan penggunaan catatan tentang pasien (rekam medis) Tingkat kelengkapan pengisian resume medis oleh DPJP 100%
10 IAK 10 Pencegahan dan kontrol infeksi, surveilans dan pelaporan Kegiatan pencatatan dan pelaporan infeksi nosokomial / HAI (Health Care Associated Infection) di RS (min 1 parameter) 75%
Indikator Area Manajemen  
12 IAM 1 Pengadaan rutin peralatan kesehatan dan obat untuk memenuhi kebutuhan pasien Tingkat kekosongan permintaan obat/alat kesehatan ke suplier ≤ 5%
13 IAM 2 Pelaporan yang diwajibkan oleh peraturan perundang- undangan Angka Ketepatan waktu pelaporan pelayanan pasien HIV/AIDS 100%
14 IAM 3 Manajemen risiko Tingkat karyawan rumah sakit yang telah mendapatkan pelatihan penanggulangan kebakaran 100%
15 IAM 4 Manajemen penggunaan sumber daya Tingkat kepatuhan maintenance alat medis yang dilakukan sesuai jadwal 100%
16 IAM 5 Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga Tingkat kepuasan pasien dan keluarga ≥ 80%
17 IAM 6 Harapan dan kepuasan staf Tingkat kepuasan kerja staf ≥ 80%
18 IAM 7 Demografi pasien dan diagnosis klinik Laporan  10 besar penyakit (demografi pasien) 100%
19 IAM 8 Manajemen keuangan Tingkat piutang tak tertagih tepat waktu (50-70 Hari) ≤ 15%
20 IAM 9 Pencegahan  dan  pengendalian  dari  kejadian  yang  dapat  menimbulkan  masalah  bagi keselamatan pasien, keluarga pasien dan staf Fasilitas Hand Hygiene 100%
Indikator Area Sasaran Keselamatan Pasien  
21 IASKP 1 Ketepatan identifikasi pasien Melakukan Identifikasi sebelum melakukan tindakan, prosedur / pengambilan darah 100%
25 IASKP 2 Peningkatan komunikasi efektif Petugas yang diobservasi saat melakukan komunikasi lisan/ telepon menggunakan SBAR 100%
28 IASKP 3 Peningkatan keamanan obat high alert Memastikan 5 benar sebelum memberikan obat high alert 100%
32 IASKP 4 Kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, tepat pasien operasi Penandaan area operasi 100%
34 IASKP 5 Pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan Tingkat kepatuhan 6 langkah cuci tangan staf rumah sakit 85%
35 IASKP 6 Pengurangan risiko jatuh Pengisian Asessmen resiko jatuh pada pasien  rawat inap 100%